Supaya Aman, Pastikan 5 Hal Ini Ada dalam Fasilitas Kredit Tanpa Kartu kredit

Meski gampang dan cepat, nyatanya memilih fasilitas kredit tanpa kartu kredit juga perlu waspada supaya nggak menimbulkan masalah. Beberapa bulan lalu, mungkin kita sama-sama pernah dengar masalah fintech terutama yang bergerak di bidang pinjaman tunai online yang menyebar data nasabah ke khalayak luas untuk penagihan.

Selain pinjaman tunai, fasilitas kredit tanpa kartu kredit untuk mencicil barang di e-commerce juga termasuk layanan keuangan digital atau fintech. Karena mudah digunakan, sebagian orang mungkin kurang memperhatikan aspek-aspek keamanan sebelum daftar dan mengajukan kredit barang.

Maka, supaya aman dan nggak kejadian penyebaran data kayak kasus yang sebelum-sebelumnya, buat kamu yang tertarik untuk kredit barang tanpa kartu kredit, pastikan 5 hal ini ada dalam fasilitas atau lembaga multifinansial yang kamu pilih, ya.

  • Bermitra dengan merchant yang kredibel

Lembaga multifinansial penyedia kredit instan tanpa kartu kredit umumnya bekerja sama dengan berbagai merchant untuk menawarkan fasilitasnya kepada calon pengguna. Kredivo misalnya, yang bermitra dengan 200 lebih merchant online populer di Indonesia seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, JD.id, Shopee, Panorama Tours, dan lain sebagainya yang bisa kamu cek dengan klik di sini. Merchant yang kredibel dan terpercaya juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa fasilitas kredit atau multifinansial yang kamu pilih punya reputasi yang baik.

  • Jaminan enkripsi data pribadi dan transaksi

Perlindungan data pribadi dan transaksi nasabah wajib hukumnya dilakukan secara maksimal oleh lembaga multifinansial baik yang memberikan akses kredit barang online ataupun pinjaman tunai. Sebagai pengguna, kamu sebaiknya aware dan membaca syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs kredit. Jangan sampai ada kejadian data pribadi disebar kepada pihak ketiga untuk tujuan penagihan karena kamu ‘tanpa sengaja’ sudah menyetujui perjanjian di awal. Kredivo adalah salah satu fasilitas kredit online tanpa kartu kredit yang mengenkripsi data pribadi dan transaksi pengguna, sehingga keamanannya sangat terjamin.

  • Diawasi oleh institusi resmi negara seperti OJK

Sebagai lembaga keuangan nonbank yang berbasis digital, yang resmi umumnya akan terdaftar pada institusi resmi negara seperti Otoritas Jasa Keuangan. Baru-baru ini, OJK juga menerbitkan 63 daftar fasilitas kredit online apa saja yang sudah legal dan bisa digunakan oleh masyarakat luas. Kredivo termasuk salah satu di dalamnya. Sementara itu, ada juga 277 fintech atau perusahaan multifinansial yang ilegal dan belum terdaftar pada OJK. Pastikan bahwa fasilitas kredit yang kamu gunakan berasal dari perusahaan yang sudah terdaftar di OJK. Dengan begitu, aktivitasnya akan lebih terawasi dan aman.

  • Menampilkan simulasi cicilan dan hitungan suku bunga yang transparan

Supaya nggak kejadian jumlah cicilan atau suku bunga tiba-tiba melonjak pada bulan berikutnya, jangan langsung menyetujui transaksi kredit apabila lembaga multifinansial yang kamu gunakan nggak memberikan simulasi cicilan di awal. Simulasi cicilan sifatnya cenderung mutlak dan bisa menjadi acuan kamu untuk membayar cicilan hingga masa tenor yang dipilih selesai.

Dengan Kredivo, misalnya, untuk daftar akun, pertama-tama kamu perlu download dulu aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Setelah itu, sambungkan akun Facebook, akun e-commerce dengan histori transaksi, dan upload foto beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, KK, STNK, slip gaji, dan rekening koran. Setelah diapproved dan dapat plafon kredit yang maksimal bisa sampai Rp 20 juta, kamu dapat langsung transaksi di merchant online rekanan Kredivo. Untuk cicilan, syaratnya harga barang minimal harus Rp 1,5 juta. Saat memilih metode pembayaran dengan Kredivo, kamu secara otomatis akan lebih dulu diarahkan ke laman simulasi cicilan. Suku bunga yang dikenakan Kredivo adalah 2,95% per bulan dengan pilihan tenor 3, 6, atau 12 bulan, tanpa perlu dp dan biaya tahunan. Di halaman ini, simulasi cicilan yang kamu lihat artinya adalah jumlah cicilan yang perlu dibayar hingga tenor selesai.

  • Contact Center yang bisa dihubungi

Untuk fasilitas kredit tanpa kartu kredit yang berbasis online, alamat email dan juga nomor contact center adalah hal wajib yang perlu dicek saat kamu mau daftar akun dan bertransaksi. Kamu juga bisa mencoba menghubungi Contact Center dari perusahaan penyedia kredit di awal untuk melihat seberapa cepat respon dan solusi yang diberikan. Sebab, apabila terjadi kendala pada transaksi atau akun kreditmu, Contact Center adalah pihak pertama yang bisa kamu hubungi untuk mengajukan komplain dan meminta solusi atas masalah yang terjadi.

 

Leave a reply "Supaya Aman, Pastikan 5 Hal Ini Ada dalam Fasilitas Kredit Tanpa Kartu kredit"