Cara Membuat Kerangka dan Alur Tulisan Berita Harian yang Tepat

33 views

Berita, adalah sebuah laporan yang dibuat seorang wartawan berdasarkan fakta yang ada. Nah, karena dalam membuat sebuah berita baik itu berita harian yang ditayangkan secara lokal, nasional, regional maupun internasional haruslah ditulis seseorang. Bila ada seorang wartawan baru yang hendak menulis sebuah berita, bagaimana caranya?

Seorang pemula dalam hal dunia jurnalistik tetap harus mengikuti kaidah yang ada dalam menulis sebuah berita. Dengan begitu, ia bisa menghasilkan berita yang baik dan bisa diterima pembaca dengan baik pula. Umumnya, pemula agak gegabah dalam menulis. Untuk itulah perlu adanya kerangka dan alur tulisan dalam berita. Bagaimana caranya membuatnya?

Membuat Kerangka

Dalam membuat kerangka berita, hal pertama yang harus seorang wartawan pemula lakukan adalah memilih cerita awal. Saat data yang dicari sudah ada, seorang wartawan pemula tidak bisa langsung ambil kertas, mesin ketik lalu tulis apa yang ada di isi kepala. Jika melakukan hal ini, dipastikan berita tersebut tak akan selesai karena mereka tersesat dengan data.

Mereka tak tahu apa yang mereka tulis sehingga hanya menuangkan fakta dan data yang ada. Itulah gunanya untuk memilih cerita awal saat membuat kerangka. Anda harus menentukan mana cerita yang wajar menempati bagian awal tulisan. Tentukan pula bagian-bagian cerita selanjutnya sesuai dengan urutan yang logis.

Misalnya saja Anda menulis berita harian mengenai peristiwa kecelakaan. Mungkin Anda bisa memulai dengan membuat pembuka berupa informasi kota di mana kecelakaan tersebut terjadi, lalu berlanjut pada jenis kendaraan apa saja yang terlibat kemudian dilanjutkan lagi dengan di mana tepatnya kecelakaan itu terjadi dan sebutkan jumlah korbannya.

Anda bisa melakukan lompatan dalam berita tersebut, misalnya dengan mengatakan jumlah korbannya terlebih dulu setelah nama kota tempat kecelakaan itu terjadi. Tapi, Anda harus bisa membuatnya menjadi terstruktur. Syarat dari membuat berita seperti ini adalah data harus kuat, peta masalah dikuasai dan penulis disiplin.

Menentukan Alur Berita

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat alur berita agar berita tersebut bisa dipahami pembaca dengan baik. Ada dua jenis alur berita yang biasanya digunakan seorang wartawan. Alur pertama adalah alur kronologis. Alur ini umumnya dipakai untuk melukiskan alur cerita itu sendiri.

Meski begitu, tidak semua kasus bisa menggunakan urutan alur yang satu ini. Terutama bila kasus yang diberikan memiliki suspens atau ketegangan yang bisa Anda temukan di info berita harian terkini. Berikutnya ada alur logis. Alur logis ini biasanya Anda temukan dalam berita yang menimbulkan sensasi suspens atau ketegangan dalam berita.

Oleh sebab itulah alur logis sangat cocok. Namun, dalam alur ini, penulis dituntut aktif dalam menulis cerita sehingga tidak buntu dalam menceritakan peristiwa ada. Untuk membuat berita dengan alur ini, penulis ahrus memilih tiga alternatif dalam urutan logis. Urutan tersebut adlaah sebab akibat, induktif dan deduktif.

Urutan sebab akibat ini menyajikan berita secara detail dengan membicarakan sebab akibatnya. Sedangkan urutan induktif umumnya membeberkan indikasi atau sampel serta kejadian khusus sebagai berita. Sedangkan untuk deduktif, cara ini adalah kebalikan dari berita deduktif.

Itulah bagaimana cara membuat kerangka dan alur berita dalam sebuah berita harian bagi wartawan pemula. Dengan membuat sebuah berita yang pas dengan menggunakan kerangka dan alur berita ini, wartawan bisa membuat berita dan menyampaikan informasi kepada pembaca dengan mudah.

Leave a reply "Cara Membuat Kerangka dan Alur Tulisan Berita Harian yang Tepat"