Beragam Jenis Kail Pancing yang Bisa Anda Pilih untuk Memancing di Laut

34 views

Memancing bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengisi waktu santai beberapa orang, khususnya adalah orang dewasa. Menikmati waktu santai sambil mencari ikan, hobby yang satu ini agaknya memang memberikan banyak sekali manfaat, khususnya bagi mereka yang ingin menguji kesabaran. Selain memancing di empang atau kolam pemancingan dengan hasil yang pasti. Namun bagi mereka yang senang dengan tantangan, maka bisa memancing di alam, seperti sungai ataupun laut. Cukup dengan membawa perlengkapan lengkap, pancing, benang dan juga kail pancing.

Disertai dengan membawa umpan ikan. Salah satu hal yang pemancing kesulitan untuk mendapatkan ikan sendiri ada beberapa faktor, diantaranya adalah saran yang dipakai tidak tepat, tidak sesuai dengan kondisi alam atau tempat yang digunakan untuk memancing. Pemilihan pancing maupun kail yang digunakan. Pemilihan kail ini ternyata menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting untuk bisa mendapatkan jenis ikan yang sesuai.

Khusus untuk Anda yang ingin memancing di laut, maka harus diketahui bahwa jenis kail pancing sangat mempengaruhi hasil tangkapan. Berikut ini ada beberapa jenis kail yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan, diantaranya adalah:

  1. Tuna hook, kail hook adalah jenis yang paling banyak digunakan oleh pemancing di laut, khususnya pada ikan yang senang makan dengan cara menyambar, maka bisa menggunakan tuna hook atau big hook. Karena ikan tersebut memakan dengan cara sambaran, sehingga agar nantinya ikan tidak lepas maka pilih kail yang memiliki mata kail menegak lurus kebagian pangkalnya. Khusus untuk jenis kail yang satu ini digunakan menangkap ikan dengan berat mulai dari 10 hingga 100 kg.
  2. Circle hook, jenis yang satu ini sesuai dengan namanya memiliki bagian depan membentuk sebuah lingkaran. Jenis yang khusus digunakan untuk memancing teknik drift, yaitu pada kedalaman tidak terlalu dalam, namun digunakan jenis ikan atau umpan yang mati. Maka sangat cocok menggunakan jenis kail circle. Memancing menggunakan teknik ini juga tak bisa langsung angkat sekali sambaran, harus ditunggu hingga beberapa waktu, supaya ikan tidak lepas lagi.
  3. Memancing ikan yang memakan umpan dengan cara memangut atau nibblers, biasanya khusus untuk jenis yang satu ini ikan tersebut memiliki ukuran yang kecil namun sangat gesit, sehingga harus digunakan teknik memancing khusus. Bisa dengan menggunakan umpan yang mati ataupun dengan memakai umpan hidup, tergantung kondisi perairan juga, jika tenang maka bisa pilih umpan hidup, sedangkan untuk air yang bergerak, maka gunakan umpan ikan yang hidup. Dan pastinya harus cepat-cepat disentak ketika ikan telah memakan umpan tersebut.
  4. Memancing ikan yang makan dengan teknik sucking atau menghisap, biasanya ikan yang makan dengan cara menghisap ini adalah ikan yang memiliki struktur gigi tajam. Sehingga pemilihan kail juga harus benar-benar kuat, biasanya yang memiliki lebih dari satu hook, sedangkan bagian mata atau tangkalnya harus tajam. Tak hanya ikan laut, biasanya ikan yang hidup di air tawaran juga memiliki gigi yang tajam.

Penting untuk mengenal jenis-jenis kail pancing, agar tidak salah ketika akan memancing, khususnya di perairan asin, apalagi yang memiliki hobby travelling di bagian tengah laut dan ingin mendapatkan ikan dengan ukuran yang besar. Berbeda lagi ceritanya jika Anda ingin memancing ikan di sungai atau air tawar yang kondisinya tenang.

 

Leave a reply "Beragam Jenis Kail Pancing yang Bisa Anda Pilih untuk Memancing di Laut"